Home » Sparepart » Hardisk Mesin Fotocopy Canon

Hardisk Mesin Fotocopy Canon

Hardisk Mesin Fotocopy Mengalami Error

Pemilik mesin fotocopy canon pasti sudah mengerti betul dengan sparepart satu ini, ya… didalam mesin fotocopy digital memang terdapat sebuah hardisk yang berfungsi untuk menyimpan sistem yang terdapat dalam mesin fotocopy, selain itu hardisk mesin fotocopy juga berfungsi untuk menyimpan data mailbox. Jika mesin fotocopy canon mengalami kerusakan pada bagian hardis biasanya akan mengeluarkan kode error seperti berikut:

  • E602 001
  • E602 002
  • E602 003
  • E602 004

hardisk-fotocopy-canon

Didalam buku service manual dijelaskan bahwa kode error E602 mengindikasikan telah terjadi kerusakan pada bagian hardisk penyebabnya bisa bermacam macam diantaranya adalah, putaran polygon sudah lemah dan berbunyi kasar ( tek..tek..tek ) atau koneksi kabel antara hardisk dengan mainboard terganggu dan terakhir gagal system pada hardisk. Jika sudah demikian sebaiknya gantilah hardisk yang rusak dengan hardisk yang baru dan telah terinstal dengan system yang sesuai dengan type mesin fotocopy anda. Awas jangan sampai salah type jika hal ini terjadi maka mesin fotocopy anda tidak dapat dinyalakan.

Apakah Hardisk Mesin Fotocopy Bisa Terkena Virus?

Perlu Anda ketahui bahwasanya system yang terdapat pada mesin fotocopy tidak sama dengan yang terdapat pada komputer seperti Windows / Linux / Mac OS jadi tidak benar jika hardisk yang terdapat pada messin fotocopy bisa terkena virus, jadi anda tidak perlu repot repot malakukan scanning anti virus terhadap mesin fotocopy anda. Pernah ada beberapa kejadian yang menurut saya cukup lucu karena pemilik mesin fotocopy Canon iR 3300 pernah mencopot hardisk yang terpasang didalam mesinnya dan kemudian dicolokkan pada komputer untuk selanjutnya dilakukan scanning dengan program anti virus, tentu saja tidak bakalan ada virus yang terdeteksi malahan pemilik mesin tersebut melakukan kesalahan dengan cara memformat hardisk tersebut alhasil hardisk pun rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Ternyata hal ini dilakukan atas dasar informasi yang tidak benar dari seorang teknisi yang pernah memberitahu bahwa hardisk yang tempo hari rusak itu disebabkan karena terkena virus.

Cara Defrag Hardisk Mesin Fotocopy

Jika memungkinkan dan tidak terlalu parah tingkat kerusakannya anda bisa melakukan pertolongan pertama pada hardisk fotocopy dengan cara melakukan Defrag, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Posisikan mesin dalam kondisi mati total ( Off )
  2. Nyalakan mesin sambil menekan tombol angka 1 dan 9
  3. Tahan hingga proses Defrag hardisk dimulai
  4. Akan muncul tulisan Download Mode tunggu hingga Full
  5. Restart mesin dengan mematikan dan menyalakannya kembali

Setelah proses defrag hardisk mesin fotocopy berhasil mesin dapat dinyalakan kembali akan tetapi hal ini tidak akan bertahan lama, segera persiapkan hardisk pengganti sebelum hardik pada mesin anda benar benar rusak total.

Cara Merawat Hardisk Mesin Fotocopy

Hardisk mesin fotocopy Canon memang terbilang cukup rentan oleh karena itu kita perlu memperhatikan dalam perawatan agar umur hardisk bisa maksimal, apa saja yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan kinerja sebuah hardisk fotocopy?

  1. Jangan langsumg menekan tombol On / Off dari saklar mesin fotocopy sebaiknya tekan tombol Shutdown yang terdapat pada panel kemudian beri jeda selama 10 detik baru mematikan mesin secara total dengan saklar On / Off.
  2. Jangan terlalu banyak menyimpan Mailbox pada mesin fotocopy, memang fitur memory sangat membantu tetapi jika pemakaian terlalu banyak hal ini bisa membebani hardisk sehingga memberatkan kinerja hardisk tersebut.
  3. Gunakan Stabilizer untuk menjaga kestabilan arus listrik yang masuk ke mesin fotocopy karena hardisk akan cepat rusak jika tegangan listrik sering mengalami kenaikan atau penurunan daya secara mendadak.

Demikianlah ulasan tentang hardisk mesin fotocopy semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda khususnya pemilik usaha fotocopy mengingat harga sebuah hardisk mesin fotocopy terbilang cukup mahal, dipasaran ada yang menawarkan mulai dari harga Rp.350.000 sampai dengan Rp.550.000 oleh sebab itu menjaga agar hardisk fotocopy anda awet adalah sangat penting.

Bagikan informasi ini:

Check Also

Harga Corona Wire Mizu Asli Kualitas Import

Saat ini banyak sekali sparepart mesin fotocopy¬†yang dijual secara Online maupun Offline, ada beberapa merek …